Melakukan INNER JOIN, RIGHT JOIN dan LEFT JOIN

Disini saya ingin memberi contoh penggunakan query INNER JOIN, RIGHT JOIN dan LEFT JOIN pada mysql. Disini saya sudah menyiapkan database dengan struktur sebagai berikut ini.
Struktur Table

Inner Join

Inner join berguna untuk menggabungkan tabel dan harus membutuhkan satu kolom unik yang ada di primary key atau froign key.

Disini saya ada soal: Gunakan Inner Join Tampilkan kdbrg,nmbrg,nonota.

Dengan begitu maka querynya adalah
Query dan Hasil

Right Join

Right Join berguna menampilkan semua data pada tabel kedua (kanan), namum NULL pada tabel pertama kiri.

Disini saya mempunyai soal: Gunakan Right Join Antara pembelian dan barang

Maka menggunakan query berikut ini:
Query dan Hasil

Left Join

Left Join berguna untuk menampilkan semua data pada tabel pertama(kiri), namun NULL pada tabel kedua (kanan).

Disini saya mempunyai soal: Gunakan Left Join Antara Suplier dan Pembelian

Maka menggunakan query berikut ini:
Query dan Hasil


0 komentar:

Post a Comment

2015 © Copyright SistemBlogger - Belajar Tutorial SEO Terbaru | Design by Excel Dwi Oktavianto